Jika, kalian sudah mengetahu bagaimana aturan maupun teknik dalam permainan bola basket, disini kita akan membahas tentang jenis-jenis pelanggaranyang ada. Disimak ya, jangan sampai kalian ikut melanggar lho!

1. Pelanggaran teknik, ini biasanya terjadi karena kalian sering melakukan kesalahan dalam melakukan teknik dipermainan bola basket maupun juga kalian terlalu sering protes atau kontak fisik dengan wasit.

2. Pelanggaran Perorangan, terjadi ketika salah satu pemain melakukan kesalahan, melanggar peraturan atau melakukan kontak fisik yang tidak diperbolehkan.

3. Travelling, yang dimaksud bukan jalan-jalan lho, disini maksudnya adalah ketika kalian tidak mendrible bola saat sudah melewati langkah ketiga saat berjalan maupun berlari.

4. Foul, yaitu melanggar dengan posisi defense yang salah maupun melanggar dengan pemain lawan dengan reaching

5. Offensive Foul, pelanggaran yang dilakukan ketika kita menabrak lawan dalam posisi hands-up saat illegal pick-up.

6. Foul Out, ketika seseorang yang sudah melakukan pelanggran sebanyak 5 kali foul biasa standar FIBA dan 6 kali foul standar NBA atau 2 kali technical foul dalam 1 pertandingan, maka pemain tersebut haruslah keluar dari pertandingan saat itu juga.

7. Doubel Dribble, maksudnya ketika kalian masih mendribble bola mati, maka itu terjadi pelanggaran.

8. Tehnical Foul, adalah pelanggaran yang terjadi ketika perseorangan memprotes wasit secara terus menerus, memakinya, melakukan kontak fisik berlebih, tidak menghargai wasit, dan juga mengatakan hal yang kotor kepada lawan main.

9. Three Second Violation, terjadi ketika pemain berada didalam area tembakan selama 3 detik.

10. Defensive 3 Second, pelanggran yang terjadi karena diam diarea tim sendiri selama 3 detik saat lawan offense, dan lawan diijinkan 1 throw in.

11. Offensive 3 Second, kebailikanya dengan Deffensive, Offensive diam ketika berada di area lawan selama 3 detik saat lawan defense dan bola berpindah kearah lawan.

12. 24 Second Violation, ketika tim A tidak melakukan shoot atau dunk ke ring lawan setelah lewat dari 24 detik, maka bola akan berpindah ke tim B.

13. Peraturan 8 Second Violation, adalah pemain tim A tidak keluar dari defense salama 8 detik setelah bola dipegang tim A yang lain melakukan offesen di area lawan maka akan berpindah ke tim B.

14. Back Ball, pelanggaran yang terjadi karena pemain membawa bola kembali ke pertahanan setelah melewati garis tengah.

15. Blocking Foul, pelanggaran keras diberikan kepada pemain yang menghalangi lawan secara keras.

16. Team Foul, pelanggran satu team ketika mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan

17. Pushing, pemain mendorong pihak lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *