Berbicara tentang olahraga, banyak sekali olahraga yang populer untuk dimainkan dan banyak yang menjadi tontonan favorit , salah satunya adalah basket. Permainan yang melibatkan dua tim dengan 5 orang tiap tim nya yang dimainkan dengan cara melemparkan bola dengan lompatan tinggi ke arah keranjng atau ring ini dapat dimainkan secara indoor maupun outdoor. Bermain basket pasti akan menyenagkan saat dimainkan bersama teman- teman karena permainan ini dilakukan dengan cara bergerak cepat yang melibatkan banyak variasi, termasuk menembak, dribbling, passing, rebound, pertahanan dan lainya. Ternyata berolahraga basket juga memilki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Kalian mau tahu apa saja manfaat tersebut? Simak artikel berikut ini ya !

Melatih Seluruh Otot Tubuh, seperti olah raga lainya, Basket adalah olahraga yang dimainkan dengan kontak fisik yang intensif. Saat bermain basket pasti kita harus lari terus menerus di lapangan menggunakan semua otot utama di kaki termasuk otot betis, paha belakang, paha depan, dan lainya. Tak bisa dipungkiri jika Basket merupakan salah satu permainan yang berat dengan latihan yang intens sehingga menyebabkan otot seseorang dapat menjadi lebih kuat. Nah, gerakan Shooting pada permainan basket dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian atas dan lengan termasuk juga bisep dan otot-otot dada.

Meningkatkan Kesehatan Jantung, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Basket merupakan permainan fisik yang dimainkan secara cepat dengan melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar. Karena cara main basket yang butuh melibatkan kecepatan tersebut dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif yaitu mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah beroksigen ke otot-otot tubuh. Nah, dengan manfaat tersebut, bermain basket dapat menjaga jantung Anda sehat, menjauhkan penyakit-penyakit kardiovaskular, termasuk menjauhkan penyakit tekanan darah tinggi.

Keterampilan dan Koordinasi Motorik yang Lebih Baik, permainan basket memang identik dengan teknik shooting maupun mengoper bola. Nah, dengan mengoper bola atau melakukan shooting (lemparan) ke dalam ring basket tersebut sangat membantu untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Pada keterampilan dasar basket seperti dengan teknik menggiring bola membutuhkan tingkat koordinasi yang lebih baik. Ternyata saat pertama kali kita belajar basket, kegiatan menggiring bola dapat melatih koordinasi tangan-mata.

Jika ketrampilan koordinasi tangan dan mata sudah kita kuasai, maka pemain tidak perlu lagi melihat bola pada saat menggiring bola sehingga ketrampilan tersebut akan menjadi tugas koordinasi motorik murni. Permainan bola basket juga akan melatih perkembangan mental seseorang karena dengan permainan basket yang serba cepat, kita harus melatih diri untuk terus mengamati rekan tim dan lawan kita dan mengevaluasi tindakan apa yang harus diambil untuk menanggapi tindakan mereka. Nah, dengan mental yang kuat dan cepat tersebut dapat membantu kita membuat keputusan cepat mengenai pekerjaan dan situasi kehidupan nyata lainnya. Dengan adanya agen bola juga bisa membuat kita semangat dalam melatih diri kita untuk olahraga bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *