Basket merupakan Olahraga yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Khususnya di Amerika Serikat, Lithuania, dan juga di Indonesia basket merupakan olahraga yang populer. Bagi anda penggemar basket, anda pasti tahu kan? Banyak kompetisi bola basket terkenal dunia seperti British Basketball Language ( BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika dan juga di Indonesia sendiri ada Indonesia Basketball Language (IBL). Olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing- masing dimainkan 5 anggota ini juga digemari karena permainanya yang kompetitif dengan tempo permainan yang cenderung cepat dan biasanya dimainkan di ruang tertutup sehingga banyak agen bola yang suka akan pertandingan ini.

Namun dalam permainan olahraga basket,anda juga tidak bisa memainkanya secara asal karena dalam olahraga ini ada teknik- teknik dalam permainanya an harus dipelajari terlebih dahulu. Nah, berikut beberapa teknik dasar dalam melakukan permainan basket.

1. Teknik Menggiring Bola ( Dribbling )

Dribbling dalam olahraga basket yaitu membawa bola untuk menghindari lawan dengan memantul- mantulkan bola dengan satu telapak tangan ke lantai. Nah, saat melakukan dribbing jangan menggunkana dua tangan maupun dengan cara tangan mengepal. Dribbling dalam olahraga basket ada dua jenis yaitu dribble tinggi dan dribble rendah. Untuk teknik dribble tinggi biasanya dilakukan pemain yang pemegang bola dengan menggiring bola cepat menuju pertahanna lawan dengan cara jalan cepat atau berlari karena lawan masih cukup jauh. Sedangkan teknik dribble rendah merupakan teknik mempertahankan bola dari sergapan pemain lawan dengan mengecoh atau membuat terobosan saat pemain lawan lengah dengan memanfaatkan suatu celah kosong.

2. Teknik Mengoper ( Passing)

Nah, agar anda bisa bermain basket dengan kompetitif, teknik dasar yang perlu anda kuasai yaitu teknik mengoper bola. Mengoper bola disini maksudnya adalah gerakan melempar atau memberi umpan bola pada teman yang masih satu tim. Saat melakukan passing anda bisa menggunakan satu tangan ataupun dua tangan yang tujuanya menjaga bola dari rebutan lawan dan untuk menyususun terobosan atau tipuan lawan. Salah satu jenis teknik pasing yaitu Overhead Pass yaitu teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola diatas kepala, teknik ini bisa dilakukan bila pemain mendapat pengawalan ketat dari lawan.

3. Teknik Pivot

Pivot adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya tumpuan. Dalam olahraga basket, pivot seperti namanya merupan teknik untk melakukan gerak tipu dengan cara menggerakkan badan dengan tumpuan salah satu kaki sedang bola dipegang dengan kedua tangan. Namun ingat untuk menggeser kaki yang anda jadikan tumpuan saat memutar badan. Dalam melakukan pivot usahakan untuk menggunakan kaki terkuat untuk memutar badan agar gerak tipu yang anda lakukan berhasil dan anda tetap bisa menggerakkan kaki yang satunya asal kaki tumpuan tidak bergeser.

4. Teknik Shooting

Shooting merupakan tahapan yang penting dalam olahraga basket. Sebelum bermain basket, shooting harus dipelajari dan dikuasai oleh pemain. Kenapa? Karena kemampuan shooting atau tembakan bola langsung ke ring ini berpengaruh pada perolehan poin demi poin suatu tim. Nah, untuk melakukan teknik shooting tersebut ada banyak cara yang bisa dilakukan, contohnya dengan teknik set shoot atau menggunkan satu tangan dengan diam ditempat, Menembak dengan teknik set shoot dua tangan, Menembak dengan teknik jump shot atau disertai dengan lompatan, Menembak dengan teknik lay up atau gerakan lari, langkah dan meloncat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *